25 Desember 2016

Taujih Qur'ani 8

TAUJIH ::: QUR'ANI
0008/TQ-UA/BK DKI
==============

بِسمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Bahaya Memberi Dukungan kepada
Orang Kafir
oleh:
Ustadz Abdul Aziz Abdur Ra'uf, Lc
حفظه الله تعالى

------------------
Rasulullah ﷺ bersabda :
لا تقولوا للمنافق سيدا. فانه ان يك سيدا فقد اسخطتم ربكم عز وجل.
“Janganlah kalian memanggil orang munafik dengan sebutan sayyid ( tuan, sebagai panggilan kehormatan ), karena jika ia benar-benar menjadi tuan (pemimpin), sungguh kalian telah membuat Allah murka.“
(HR. Abu Dawud, Ahmad dan Al Bukhori. Di shohihkan oleh Imam Al Albani).

Beberapa pelajaran yang dapat diambil dari hadist diatas, di antaranya adalah :
1. Hadits di atas menunjukkan pentingnya baro' (anti loyal) kepada kekufuran walaupun hanya dalam bentuk panggilan kehirmatan karena akan berdampak pencitraan kehormatan.
2. Logikanya, jika kepada orang munafik saja Rasulullah ﷺ memerintahkan kita untuk bersikap baro', apalagi kepada orang kafir yang sudah terang-terangan memusuhi Islam dan umatnya.
3. Hadits di atas merupakan larangan bahkan ancaman yang keras bagi orang beriman yang memuliakan manusia yang memusuhi Allah SWT.
4. Pemuliaan terhadap orang munafik terlebih kepada orang kafir, dapat menciptakan branding positif yang dapat mengantarkan mereka menjadi pemimpin masyarakat yg akan menyesatkan atau mengarahkan kepada kemaksiatan.
5. Keimanan yang baik dari seorang Muslim, akan ditunjukkan pada takut dengan ancaman kemurkaan Allah kepada dirinya jika ia berani melanggar larangan-Nya dan larangan Rasul-Nya.
6. Jikapun penghormatan dalam bentuk lisan saja, tidak mungkin dilakukan oleh orang beriman, apalagi jika sampai memilihnya menjadi seorang pemimpin.
7. Semoga memberi pencerahan kepada umat Muslim di manapun berada. Karena jaminan penjagaan Allah ﷻ pasti akan diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang menjaga hak-hak-Nya (taat kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya).

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Published by :
______________________
BK DKI
==============
Jakarta,30 Okt 2016

Tidak ada komentar: