24 Agustus 2013

Jaga Semangat Ramadhan, Yuukk :)

Pagi semuaaa... :D
Hari ahad ini sejuk ya.. kalo di Semarang sih, hehe :)
Mumpung masih Syawal, mau 'bersih-bersih' blog, mau otak-atik..
Banyak yang udah ditulis, tapi belum dipublikasiin..
Banyak cerita dan hikmah yang bertebaran ramadhan kemarin, sebelumnya juga...
Waaa... udah lama banget rasanya nggak kayak gini, kangen jadinya berbagi cerita disini..
Bismillah, insyaAllah nggak bakal menurun kan ya semangat Ramadhannya???
Harus terus di-charge semangatnya!
Jadiin setiap harinya kita kayak ramadhan, belum tentu lho bakal diijinkan ketemu sama ramadhan lagi...
Makanya, dari sekarang ciptain sendiri iklim ramadhannya! :D
Setelah ramadhan, diisi sama puasa nyaur (kalo ada hutang puasa), trus lanjut puasa Syawal, abis itu Daud deh, atau kalo ga ya puasa Senin-Kamis, Ayyaumul Bidh lah ya.. :)

Qiyamul Lail-nya juga jangan bolong-bolong. Biasanya nih ya, kalo sekali dua kali dibangunin sama 'alarm' nya Allah tapi kitanya nggak mau bangun, misal bilang 'ah, ntar aja deh, 15 menit lagi..' percaya nggak percaya, kita bakal susah bangun pagi dan kebiasaan ramadhan kita lama-lama pupus hilang entah kemana..
Makanya kalo 'alarm'nya Allah udah bunyi tuh, segera deh baca do'a bangun tidur, trus ambil air wudhu, itu udah 2 ikatan syetan kelepas, baik lagi ditambah sama sholat malam, semua ikatannya bakal lepas deh. Syetannya kalah! :)
Di sepertiga malam terakhir, Allah turun ke langit dunia. Allah Maha Mendengar, bakal Allah dengarkan baik-baik permohonan kita.
Dan kamu tahu, kenapa orang yang sering sholat malam itu wajahnya sejuk bercahaya indah dipandang? Karena dia setia banget bercengkrama dengan Allah di saat yang lain tidur terlelap. Karena Allah transfer sinar cahaya dari 'Arsy-Nya malam itu. Siapa sih yang nggak pengen dapet cahaya dari Allah??? Makanya fastabiqul khoirot! Berlomba-lomba cepet-cepetan bangun dan 'curhat' sama Allah :)

Al-Ma'tsuratnya jugaa... Dzikir pagi-sorenya, dijagain tuh. Aneh nggak sih kalo kita minta dijaga terus sama Allah tapi kita nggak jaga setia kita pada-Nya? Dzikir itu mengingat, mengingat Allah dalam setiap aktivitas kita, wajib looh.. Allah nggak bakal minta imbalan atas semua yang telah diberikan pada kita, tapi apa kita nggak ada rasa syukurnya gitu sampai-sampai suruh dzikir aja alesannya setumpuk?

Dhuha... Dhuhaa... jangan sampai itu hanya jadi rutinitas pas ramadhan.. Ramadhan dhuhanya rajiin banget. Eh pas udah keluar dari ramadhan, rasanya udah sibuk sama perjalanan mencari nafkah yang tiada henti-hentinya. Akhi ukhti.. kita memang berikhtiar, tapi Allah lho Yang Menentukan Segalanya, hasil ikhtiar itu ada di Allah. Maka jangan lupa mintanya sama Allah, sumbernya itu Allah.. :)

Tilawah.. nih yang biasanya nyusut nggak karuan kalo udah keluar dari Ramadhan. Biasanya 2juz per hari kalo ramadhan, nyampe khatamnya sebulan 2 kali. Eh, pas ramadhan udah pergi, jadi menyusut 1 juz per harinya, trus jadi setengahnya lagi, lama-lama cuma berapa lembar atau halaman aja. Heeeii... futurnya jangan berlebihaan... emang baca satu huruf itu ada 10 pahala, yang penting baca setiap harinya. Emang batas khatam dan ukuran tak futur atau hati terjaga itu kalo khatamnya nggak lebih dari 40hari. Tapi apa salah kalo ada yang berkomentar, "Ramadhan bisa 5juz bahkan lebih per hari, itu artinya kemapuanmu bisa lebih dari 1juz per hari. Kesibukan tak bisa dijadikan alasan. Justru karena semakin sibuk itu harusnya semakin rajin juga kita ketemu sama Qur'an. Rasulullah hanya mewanti-wanti agar jangan kurang dari 3 hari khatamnya, itupun karena banyak muamalah yang harus dijalankan."

Masih banyak sih amalan-amalan lain, atur sendiri-sendiri yaa.. Tergantung kebiasaan.. Yang baik dibiasakan untuk terus dipupuk, yang nggak baik dibiasakan untuk ditinggalkan.. ^^

Yukk.. di Ramadhan, di luar Ramadhan, harusnya semangatnya sama! :) cuma saat Ramadhan memang kita dituntut lebih karena saat itu syetan-syetan sedang dibelenggu, jadi nggak ada alasan kita sedang digoda :p itu digoda sama nafsu kebiasaannya sendiri berarti, hehe. Ramadhan, di luar Ramadhan, istiqomahnya harus terus dijaga. Jangan banyak alasan! Karena lihat deh, ada ikhwan-akhwat yang amalannya bisa melebihi kita, Allah kasih waktu sama, 24 jam. Dan waktu terbuang atau nggak, waktu termanfaatkan atau nggak, itu tergantung pribadi masing-masing. Jadi, jangan buat waktu yang kita punya, waktu yang udah Allah berikan, terbuang sia-sia. Manfaatkan waktu itu dengan baik...

Istiqomah... Istiqomaah... yukk bareng-bareng.. :)

Tidak ada komentar: