24 Agustus 2013

Magnet Super: Persaudaraan



22Juni2013-

Kontak batin. Ya, awalnya aku berfikir itu adalah suatu kebetulan. Tapi tidak untuk sekarang. Hal ini memang benar adanya. Semakin kita mengenal seseorang, semakin besar pula kontak batin kita padanya.
Apalagi jika kita bicara tentang seorang muslim. Semakin erat ikatan persaudaraan mereka karena Allah, maka semakin erat pula jalinan hati mereka.

Semua ini bisa diibaratkan seperti kekuatan magnet. Jika bertemu dengan apa yang menjadi pasangan mereka, maka akan selalu mendekat, sejauh apapun itu.

Kekuatan ini dapat pula diibaratkan layaknya ka’bah. Sesuatu yang biasa-biasa saja namun dapat memancarkan cahaya terang benderang hingga luar angkasa. Hal ini telah dibuktikan oleh para astronot yang melakukan perjalanan hingga ke bulan. Ketika melihat bumi semuanya terlihat gelap seperti planet-planet lain. Tapi saat itu juga para astronot terkena silau cahaya yang sangat terang dan selalu terang. Selidik punya selidik, lampu berkekuatan luar biasa itu datang dari kota Mekkah, tepatnya bermuara di Ka’bah.

Subhanallah... betapa besar kekuasaan Allah. Ia memperlihatkan keajaibannya kepada manusia. Ia juga memberikan hidayah pada hamba yang dikehendaki-Nya. Setelah mengetahui akan adanya tanda-tanda kebesaran Allah tersebut akhirnya astronot itu masuk islam.

Begitulah. Alam semesta ini mempunyai energinya masing-masing. Mempunyai kekuatan masing-masing, sesuai dengan porsi yang telah Allah tentukan. Semua yang ada di langit maupun bumi, segalanya bertasbih kepada Allah setiap waktunya. Seperti halnya galaksi bima sakti ini, porosnya adalah matahari. Matahari memiliki kekuatan terbesar hingga planet yang lain mengitarinya. Ia bagaikan magnet yang sangat besar.
Ya, kalau berbicara tentang matahari, maka itulah porsi yang telah Allah tentukan. Pas, tidak lebih tidak kurang, hingga datang waktu yang telah ditentukan kehancurannya.

Jika berbalik lagi berbicara tentang persaudaraan, maka erat kaitannya dengan kekuatan supernya ka’bah. Mengapa bisa demikian?

Mekkah adalah kota suci. Di dalamnya ada sebuah bangunan yang menyejarah, termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Ka’bah. Bangunan biasa yang didirikan oleh Ibrahim a.s. dan Ismail a.s. kemudian diperbaiki pada zamannya Rasulullah SAW. Tapi mengapa kekuatannya sangat besar?

Ibrahim a.s. dan Ismail a.s. saat mendirikannya, menggunakan kekuatan do’a.

Sedangkan setelah Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyebarkan Islam, ka’bah resmi sebagai kiblat sembahyang seluruh muslim di dunia. Pancaran energi yang sangat besar datang dari seluruh penjuru itulah yang membuat ka’bah bersinar hingga luar angkasa.

Hanya bangunan biasa, tapi jika terus menerus dibacakan ayat-ayat Allah setiap waktunya, maka jangan heran apabila ia akan menjadi kekuatan tersendiri.

Begitu pula dengan hati kita, kawan.. jika terus-menerus dibacakan ayat-ayat Allah (Q.S. Al-Anfal), maka semakin bersihlah ia, dan semakin dekat dengan dzat Allah. Karena dekatnya hati itu kepada Allah, maka akan Allah bersamai setiap langkahnya, Allah tuntun jalannya, Allah berikan petunjuk, serta penglihatan yang tak pernah dimiliki oleh mata hati yang lain.

Ya, itulah magnet. Magnet dengan energi terbesar akan selalu menarik magnet-magnet yang lain. Selalu mengetahui keberadaan yang lain. Dan selalu peduli dengan yang lain.

Itulah arti dari persaudaraan :). Bagaimana satu muslim dengan muslim yang lain saling berhubungan. Bahkan di dalam hadits disebutkan bahwa mereka bagaikan satu bangunan yang saling menopang satu sama lain. Dalam hadits yang lain dijelaskan bahwa sesama muslim itu bagaikan satu tubuh, ketika yang satu sakit maka yang lain pun ikut merasakan sakit.

Itulah dakwah. Magnet terbesar yang ada di alam semesta ini. Karena ialah kumpulan dari banyaknya persaudaraan. Yang saling membutuhkan satu sama lain. Yang saling peduli antar sesama. Dan tentunya saling memiliki kontak batin yang kuat terhadap saudara-saudaranya.

Maka jagalah hati-hati kita agar selalu bersih dan dekat kepada Allah. Karena hati yang bersih itulah yang lebih mudah menerima kebaikan, maka ia pun yang akan lebh mudah merasakan indahnya persaudaraan :).