02 April 2013

Kejutan Allah 100hari Jelang Ramadhan ^^


Sekedar pengen cerita, sebagai rasa syukur dan pengingat bagi kedepannya (buat yang baca, ntar kalo Ovi “neko-neko” ingetin yaa :D)

Ya, berawal dari sepotong episode, masa aku katanya kena liver, hepatitis atau semacamnya (klo diliat dari indikasinya emang iya sih), dan itu TEPAT di malam sebelum KKL! Pusing ga tuh??? Udah beberapa hari sebelumnya bolak-balik dan muter-muter di Kariadi, tapi belum dapet informasi dari hasil pemeriksaan yang sebelumnya. Dan akhirnya malam itu juga dapet dokter yang bisa bacain ‘hasil’ yang aku pegang saat itu.

Awalnya memang bilangnya gapapa, tapi pas diperiksa katanya kudu ada pemeriksaan lebih lanjut karena mungkin ada hubungannya dengan hati atau saraf tulang belakang (gara-gara aku pernah jatuh). Aaaaa…. Bener-bener pengen teriak rasanya, masa gajadi berangkat KKL gitu? Udah semalaman sampai sehari selanjutnya tuh air mata deras banget ngucurnya :(

Nggak terima, tapi gimana lagi, denger dokternya bilang gitu ngeri juga. “Lha nanti bener mbaknya kuat ndak? Ntar kalo tiba-tiba disana sakit gimana? Sakit di negeri orang susah juga prosesnya nanti. Ini juga mau ngasi obat bingung juga obatnya apa, kan belum tau hasil dan pemeriksaan selanjutnya.”

Nah lo, ini udah 3 dokter ngomong beginian nih, tahun lalu juga cuma diagnosa2, tapi ujung-ujungnya udah kronis, kan saya trauma dokter…:(

Pasien kalo udah dibilang gitu apa pikiran nggak ngalor-ngidul. Udah besoknya berangkat, malemnya malah dapet ceramah yang kayak gini. Tambah lagi ni pasien satu nggak pernah sakit yang begituan dok, pasien amatiran nih, diceritain yang ngeri udah setengah mati dengerinnya. -_-

Akhirnya, sudahlah cerita itu berlalu, di‘seandainya-seandainya’ juga nggak bakalan balik lagi hehe. Sudahlah, ikhlaskan… :)
***

Yap! Disini ada dua kata kunci, Istiqomah & Tawazun.


Kenapa harus dua kata itu? Karena ternyata sejarah singkat inilah kunci dari segalanya. Kalo orang lagi sakit kan dinasehatinnya mesti, “makan yang teratur, minum yang banyak, olahraga tuh, jangan sakit-sakit terus.” Emang bener sih…

Nah lo, tapi akunya yang bingung kalo udah sakit dibilanginnya kayak begituan, orang aku perasaan dah nglakuin semuanya kok, trus salahnya dimana coba. Ya, dengerin aja lah ya, mungkin emang bener ada yang kelewat pas aku nggak sadar. Sudahlah, lebih baik diam kalo udah kayak gini. Haha, sering dalam hati tuh ngomong begituan :D

Oke, balik lagi… Ini nih inti ceritanya, yang di atas cuma prolog doang :D. Hari ini, 1 April 2013 aku dikasi kejutan yang luar biasa dari Allah. Allah emang sayang banget ^^.

Pas lagi antri pemeriksaan hasil lab, mampir dulu ke masjid,duduk-duduk disana dan tiba-tiba hujan derees banget. Tiba-tiba pikiranku melayang ke sebuah episode, sebuah cerita yang telah Allah ukirkan padaku (mulai ngaco). Ya, entah kenapa akutiba-tiba berpikir kesana, tersadar bahwa sakitku punya sejarah, yang baru terlukiskan siang hari ini. :)

Jadi ada 3 waktu tercatat, kelas 2 SD, 2 SMP, Semester 3 Kuliah sampai sekarang.

Kalo banyak yang bilang Ovi itu sering sakit, sebenernya baru semenjak kuliah ini aku pecahin rekor, haha. 1,5 tahun bayangin! Aku tuh sebenernya terhitung jarang-jarang banget, nggak pernah malah sakit, makanya kaget juga pas kuliah dapet sakit yang langsung WOW gitu, langsung operasi cuy..

Tapi ternyata Allah punya cerita ^^

Kelas 2 SD itu, aku dikasi Allah sakit Gejala Tipes,seminggu opname dan baru kali itu aku tinggal di rumah sakit. Rasanya nggak enak banget, pokoknya nggak mau lagi sampe sakit dan di opname, kataku saat itu. Saat itu juga aku punya PR, khatamkan Al-Qur’an, tapi emang agak males pas itu. Makanya abis sakit langsung dikerjain PR-nya. Hehe, biasa aja sebenernya ya, tapi hari istimewa buat seorang Ovi kecil saat itu. Bener-bener puas rasanya & tambah cinta banget sama Al-Qur’an. Ya, itu teguran Allah pertama.

Lalu saat masuk SMP, masih bener-bener cupu lah sama hal-hal yang berbau agamis, walaupun mungkin sekolah di Madrasah Ibtidaiyah, tapi didesa kan juga nggak gitu-gitu amat pelajaran islami masuk. Mana dulu pake jilbab tapi baju sama rok nya pendek, lucu kan, haha. Dan di saat itulah Ovi mulai malu dengan teman-temannya. Masuk kelas, disuruh hafalan dulu, tapi bareng-bareng. Trus yang bikin malu? Ya karena disana aku nggak hafal apa yang mereka baca, kayaknya pada lancar banget dan udah hafal di luar kepala, nah ini, udah buka juz ‘amma tapi nggak ngerti yang dibaca yang mana saking cepetnya -_-.

Ya, darisinilah aku benar-benar merasa memiliki Islam, mulai suka dengan hafalan, dhuha, puasa senin kamis, dan sukaa banget sama bacaan :D.Namun aku sempat ditegur saat kelas 2, dikasi Maag sama Allah, hehe, untung hanya semalem. Tapi itu benar-benar nusuk banget, karena TEPAT disaat itulah hafalan hadits mulai aku tinggalkan. Ya, Allah sayaaang banget >,

SMA… saat-saat inilah jadi orang labil, bingung beradaptasi, tapi untung Allah nggak ngasi teguran keras padaku. Malah hidayah itu datang disaat ini, yang dulu hafalan hanya sebagai ‘targetsetor’ berubah jadi suatu kebutuhan, karena disini aku tak dapat banyak bahan bakar berbau Islam seperti sebelumnya, sehari 2 ayat lah ya (jangan dibayangin kayak di pesantren yang nyampe mungkin 1 halaman lebih, ovi masih jauh bener dari itu,,hehe –cita2 tak tersampaikan :D-). Ya, ada yang bertambah disana, mulai suka dengan sholat malam, nulis, dan puasa daud. MasyaAllah, bener-bener tenang ada suplemen itu semua.

Nah kuliaahh… aku berharap nggak akan bener-bener sakit disini, tapi malah Allah ngasi banyak banget teguran >,< tapi disyukurilah ya :D. Disini aku mengenal Liqo’, ‘amal yaumiyah, rohis, kajian, dan banyak lagi mungkin yang berhubungan dengan itu semua.

Tapi ada yang salah disana, ada sesuatu yang mulai luntur saat itu. Namun ini aku anggap sebagai bentuk pendewasaan yang Allah berikan.Training yang harus dimaknai dengan dalam apa sebenarnya makna yang tersirat.

Ya, memang semester 3 menjelang semester 4 ‘amalan itu sedikit demi sedikit berkurang porsinya, QL nya putus nyambung (cuma berapa kali per pekannya), Dhuha mulai terseret oleh banyaknya aktivitas, bahkan di pertengahan semester, daud itu benar-benar putus! Entah bagaimana rasanya kehilangan semua saat itu, ga tenang pastinya, namun aku merasa terbiasa dengan jarangnya mereka hadir, seiring berjalannya waktu. Astaghfirullah… :(
***

Memang semakin kesini istiqomah itu terasa hanya sekedar kata yang terucap. Aku sangat bersyukur Allah menegurku saat ini, 3 bulan menjelang Ramadhan Allah berikan kejutan yang Luar Biasa.

Ingatan demi ingatan yang Allah susun hari ini menjawab semuanya. Pertanyaan itu terjawab sudah! :D

Kelemahanku saat ini memang disini, Istiqomah & Tawazun.

Allah telah memberiku pelajaran tentang segala ‘amalyaumiyah sebelum ini, dan harusnya semuanya dikerjakan dengan optimal sesuai porsi tertinggi yang pernah aku lakukan.

Tapi sayang, ada yang salah tentang makna istiqomah yang aku kenal. Mungkin Allah memang mempersilakan rukhsoh (keringanan) pada setiap hamba-Nya, namun semua harus kembali pada porsi awal, karena sebenarnya seorang hamba mampu melakukannya. Hanya saja biasanya sedikit pikiran, “ah sudahlah hanya berkurang 1 malam qiyamul lail kok, yang penting pekan ini terpenuhi” akan menjadi suatu masalah besar nantinya. Semua terasa dipermudahkan dan akhirnya ‘amalan-‘amalan itu hanya menjadi target, bukan kebutuhan.

Ya, aku bersyukur karena dokter tak jadi memvonis penyakit berat itu padaku, karena mungkin jika memang benar, aku sendiri tak sanggup untuk menerimanya. Tapi ada satu pesan dari beliau, “orang yang habis operasi itu memang kadar kuatnya berbeda dengan mereka yang belum pernah operasi, apalagi ada keloid disana. Jadi saat capek, emosi, bahkan gembira terlalu berlebihan pun itu dapat menjadi masalah, karena semua organ bekerja dan akhirnya ada yang tubrukan satu dengan yang lain, itu mungkin yang membuat rasa sakit yang sangat. InsyaAllah nggak ada sakit, dari hasil ini semua normal, cuma istirahat dulu aja.”

Aaaa… tau ga sih, seneng banget aku dapet berita itu. Akhirnya nggak sia-sia dari pagi sampe malem aku nongkrong di rumah sakit bolak-balik sana-sini. Allah ngasi jawaban, dan dokter pun ngasi jawaban. Dan semuanya sesuai permintaanku.

#eh, inget senengnya nggak boleh berlebihan, hehe. Tawazun..tawazun.. :)

Allah ngasi pesannya mantep banget, langsung aku terbayang hadits yang intinya, “cinta dan bencilah sesuatu itu sekadarnya saja, karena mungkin ia akan berubah menjadi sebaliknya.”

Tapi itu 1 poin yang kudu dimasukin dalam daftar kebutuhanku. Ya Allah, aku anggap ini sebagai tanda cinta dan sayang-Mu padaku, teguran dan nasehat ini sungguh sangat berarti.

Engkau tegur aku dalam beberapa tahun ini, dan kenapa lola banget aku juga baru nyadar sekarang ya >,<.

Ini baru sesuatu yg bisa dilihat dengan mata, misal aku punya prasangka pada seseorang, trus Allah negur, sampai kapan aku baru nyadar yak.


Dan Allah tegur dengan hal ini, karena sakit memang kelemahanku sejak dulu. Sekali sakit, pikiran terpusat kesana. Apalagi trauma & benci banget sama rumah sakit segala isinya, ya, aku disuruh sayang kali ya sama rumah sakit. Merubah sedikit persepsiku lah :D.

Tapi aku berharap ini yang terakhir kali aku disini dan kesini sebagai pasien. Nggak mau kesini lagi, 1,5 tahun cukup lah ya sebagai pelajaran :D.

Buat KKL, agak nyesel juga sih (banget-banget malah, udah momen jalan-jalan sama temen ilang dan uangnyaaaa huhu) , tapi mungkin pesan Allah tak tersampaikan secepat ini kalau bener-bener aku ikut KKL. Semoga dapet yang lebih baik deh, Umroh atau Haji mungkin berapa tahun mendatang. Aamiin :D >cita-cita keliling dunia masih ada nih,hehe< Syukur, Sabar, Ikhlas ^^

Sekian, bukan buat maksud apapun. Ini hanya sebagai pengingat bagi saya dan mungkin yang lain. Karena semua punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Semua juga punya porsi masing masing dalam ‘amaliyah mereka. Yang penting fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan, jangan sampai ada yang terlewat atau berkurang porsinya dan menjadi kebiasaan bagi diri kita.

Satu lagi, hadirkan selalu Allah dalam setiap aktivitas kita, agar barokah. Ambil hikmah di setiap perjalanan kita di dunia ini. Istiqomah & Tawazun, itu kuncinya. Semangaaat!!! :D

Spesial buat yang sering nganterin aku muter-muter rumah sakit beberapa waktu ini :D.

Lain kali kalo aku sakit dapet wejangan, “hayo, ‘amalannya ada yang ga istiqomah nih, mesti banyak yang amburadul” kayaknya seru tuh, langsung jleb-jleb nusuk sampai ke ulu hati hehe. Tapi jangan sampe deh. Udah malu kalo sms isinya, “maaf, izin, sakit.” Hadeehh --__--”..

Solo, 1April2013.22:00.

Tidak ada komentar: