30 Desember 2012

Tarbiyah, part#1

Kali ini aku ingin bercerita tentang tarbiyah. Tahukah engkau tentang tarbiyah? Ya, pembinaan arti yg kutahu dulu.

Aku teringat saat itu, sekitar 2,5 tahun yang lalu, saat aku baru saja menginjakkan kaki di kota paman Diponegoro ini, Kota Semarang, tempat aku menuntut ilmu sekarang. Tiba-tiba aku mendapatkan sms dari mbak2 UNDIP kenalan bapak-ibuku pertama kali saat di Semarang mencari kos buatku,

“Assalamu’alaikum. Dek, dulu udah pernah liqo’?” singkat, tapi mengena buatku, tak tahu kenapa saat itu hatiku berdesir membaca sms itu, mungkin ini saatnya aku mengenalnya.

Lalu kubalas, “Wa’alaikumsalam. Hmm… belum mbak, tapi pernah denger. Hehe” jawaban Polos dan lugu banget! Haha.

Trus, aku mendapat jawaban lagi, “oke.”

Saat itu aku lagi di warnet abis antri ngambil almamater dll di PKM Tembalang hanya mengulum senyum mendapatkan sms itu. Ya Allah, apakah aku akan mengenalnya sekarang? Setelah sekian lama aku menunggu dan tak ada jawaban. Oke, akan kumulai disini, di kota ini. –Tahukah kalian, dalam hati aku berkata seperti itu, tapi aku juga tak tahu kenapa aku berpikir demikian. Aneh kan. haha—

Tak lama setelah itu, aku mendapat sms dari mbak nya lagi, intinya tentang pertemuan yang diadain di masjid Polines –klo ga salah-, ga ngerti juga tentang apa itu, ga tau acara apa itu, tapi dengan mudah sekali aku iya-kan, tak ada bantahan sama sekali, ga ada pikiran ini aku mau ditarik kemana (haha), soalnya kan saat-saat itu baru marak kasus tentang NII atau semacamnya.

Lalu sore itu, ba’da ashar, saat aku lagi muroja’ah hafalanku –krn emang ga ada kegiatan lain di wisma-, mbaknya datang ke wismaku, “Ayo dek, udah siap?” Aku jawab dengan senyuman dan anggukan, ternyata dari wismaku ada 2 orang lagi yang mau kesana, yang 1 yang di samping kamarku, yang 1 lagi yang kamarnya ada di pojok sana.hehe.

Akhirnya kami berangkat bareng, untung yang temenku satu anak Semarang, walaupun bukan anak Tembalang, tapi setidaknya lebih ngerti lah daripada aku yang bener2 buta Semarang. Sesampainya disana masih sedikit orang yang datang, akhirnya kami ada di barisan depan. Di waktu itu pula aku mendapat kenalan 2 anak FIB. Hmm, dan darisinilah aku merasakan kenyamanan itu hadir kembali, materi sore itu dibawakan oleh Ustadz Ari Purbono –klo aku ga salah-.

Di saat itu aku merasakan pancaran ruh yang sangat kuat.

Di waktu itu aku merasakan persaudaraan itu begitu erat, padahal belum saling mengenal.

Dan saat itu pula aku mendapatkan senyumanku sendiri, senyuman yang beberapa bulan yang lalu 
hilang.

Ya, disinilah jalanku. Disinilah keluargaku.

Selama acara itu berlangsung, aku tak banyak berkata-kata, bingung juga harus berkata apa. Aku ingat, saat itu aku ditanya oleh seorang kenalan disana, “Darimana? Dulu kelompokmu ada berapa orang? Kangen sama kelompok liqo’ yang dlu. Akhirnya sekarang dapet lagi” ceritanya dengan wajah berseri-seri. Dan aku? Yang mendengarkan hanya tersenyum dan menjawab, “Dlu aku belum pernah. Hehe. Ini baru pertama.”

Haha. Beneran, klo inget yang dulu dulu tuh, polooss banget kayaknya jawabanku.
Aku ingat, saat presensi itu diputar, lalu ada kolom “nama & cp murobbi”, aku ga ngerti apa yang harus ditulis. Akhirnya yang kosong hanya di namaku saja. Aku ingat lagi (ini yg diinget yang bener-bener “sesuatu”, baru kukenal), saat pemateri menanyakan, siapa yang udah kenal tarbiyah? Berapa tahun?, dan subhanallah, aku merasakan getaran yang kuat, kagum bercampur haru. Ada yang menjawab sejak SMP, SMA, bahkan ada yang semenjak kecilnya.

MasyaAllah… Vi, di sekelilingmu ini orang-orang hebat!
Bener-bener saat itu aku menjadi seorang pemerhati, dari pemerhati itulah berubah menjadi kekaguman, kagum terhadap orang-orang yang baru kukenal ini.

Kenapa aku sangat perhatian dengan acara ini, karena aku sudah menantikan sejak lama sebenarnya, tapi ternyata Allah “pending” hingga aku sampai di Semarang ini. Aku ingat saat itu, saat aku mau masuk ke SMA Negeri –yang notabene aku ga pernah ada di sekolah umum-, saat itu aku benar-benar takut, ga mau, pokoknya ga mau. Yang aku sampe nangis-nangis, minta sama bapak-ibu supaya aku diijinkan nglanjut di SMA Al-Islam, tapi dengan nasehat haluus sekali, beliau berdua intinya pengen aku di SMA N itu.

Ya, jujur, itu pertamanya gara-gara kepengenanku, ‘coba-coba’ ikut tes masuk program akselerasi di SMA itu. Gara-garanya aku dapet cerita dari temen-temen sekelas klo ada dibuka pendaftaran itu. Haha, dan tahukah kalian, sebenernya aku cuma pengen nyoba, beneran, ga ada niatan buat kesana. Jadi sebenernya klo dibilang orang-orang pada ‘galau’ itu krn Ujian Akhir Nasional, klo aku, galaunya sebelum itu, galau sama keputusanku sendiri, 2 SMA, tinggal milih, tapi itu yang sulit!

Dan aku bingung mau nolaknya, soalnya sampe aku alasan “bu, pak, biayanya mahal disana. Ga ah,” ya, itu salah satu alasanku, padahal alasan sbenernya, Aku ga mau kecebur, takut kebawa disana, lagian, bhs arabku sm pelajaran agama gmn, mesti cuma dikit banget disana, adaptasi? Aku susah buat itu. Ya Allah, kudu gimana ini???  Dan aku kalah lagi! Aku lupa klo bpk-ibuku sangat expert dlm hal itung-itungan. -_-”

Oke, aku manut dah (emg dr dlu kn km manutan vi -_-). Tapi yang masih ngganjel itu, akhirnya aku bilang ke ibu. Dan mungkin ini sudah takdirnya, ibuku cerita ke bulikku, dan akhirnya bulikku bilang, “uwis, gapopo nduk, Ovi kan udh 3 tahun di Al-Islam, ya itu nanti yang diamalkan disana yang udah diajarkan. Ntar ada lah jalannya. Bulik ada kenalan kok insyAllah disana. Ntar ovi belajar lagi disana bisa lah,” haha, kalian tahu, jawaban itu udah ga bisa aku tampik lagi. Aku udah ga ada alesan lagi buat ga mau masuk sana.

Tapi setelah beberapa bulan, aku sadar, agak goyang kesadaranku. Aku langsung bilang ke bulik, “Bulik, katanya mau ada temennya bulik di SMA ku, Ovi belum ngrasa nyaman disana..” Akhirnya pecah tangisku, ya, adaptasi di lingkungan baru yang ‘bener2 baru’ buatku, susah.

Ternyata memang disana tak ada tarbiyah, yah, okelah, berarti memang aku harus membentengi sendiri. Untung di kosan, walaupun yang punya non-Islam, tapi yang ng.kos disana kebanyakan anak rohis. Hehe. Ya, klo dibayangin ya, SMA ku itu, depannya Sekolah Kristen, sampingnya Univ Kristen sama SMA Negeri juga, sampingnya lagi jalan menuju kosan ku, itu juga SD Kristen. Dan disana dulunya daerah Kristenisasi. Wah wah wah… Subhanallah, sampe bu Dewi (mualaf) pun cerita di acara kajian yang aku datangi, tentang kisah hidupnya, dan itu di daerah itu. hmm… ya ada hikmahnya lah. ^_^

Dan, kata “Liqo’” itu, aku hanya sering denger, tapi ga ngerti itu apa (kan, bener2 polos emang, ga nanya juga, ya itulah Ovi :p). Sering denger pas bulik main ke rumahku, trus jam 6 pagi tiba-tiba pamit, tapi adikku ditinggal, bilangnya “nduk, nitip adek ya.” aku saat itu juga hanya mengangguk. “Nggih bulik. Lah, ajeng ten pundi?” tanyaku. “Liqo’ nduk.” Batinku, aku tau artinya, tapi apa itu, ‘makanan’ apa itu. haha

Tapi aku mulai menyadari saat aku di SMA ini, mungkin klo aku ga di SMA N ini, aku ga tau betapa berharganya pelajaran-pelajaran islam itu, betapa adem-nya hati klo dapet siraman dari guru-guru ku, yang dlu aku pernah bilang, ini kenapa ga dijadiin 1 aja sih, pelajaran agama aja sampe 6 lebih gini, mana pusing lagi ngapalinnya. Dan akhirnya aku ngrasain yang hanya ada 1 jam pelajaran agama di SMA. Saat itu akupun ditanya temen SMP,

“gmn Ukhti, anti ada halaqoh juga disana?” senyum mengulum di bibirku, bahasanya lembut banget, padahal kayaknya SMP dlu dia ga ‘alim gini banget deh.

Hehe, afwan ya buat yang ngrasa. :) dan dalam hati aku bilang == aku belajarnya langsung sama surat cinta-Nya aja Ukht sekarang… Alhamdulillah di sebelah kamar, dan kamar pojok sana “mendukungku” di lingkungan ini untuk lebih mengenal-Nya lewat surat cinta-Nya ini…==

Nah kan, sebelah kamar sama pojok kamar lagi -_- ckck. Kayaknya klo diceritain semua bakal dapet sesuatu yang unik lagi. Hehe

_ini baru sepenggal… :)
dan akhirnya saat itu, aku melingkar bersama 3 temanku, yg 2 pas banget anak wismaku, yg 1, ini yang unik, anak jkt, tapi kalemnyaa subhanallah… hhe *nglebihin aku (PeDe bgt)

291212.0800.

Tidak ada komentar: