24 Februari 2013

Tips Menulis #1


Menulis itu kegiatan sehari-hari. Bagaimana tidak, saat sekolah baik itu TK, SD, SMP, SMA, semua butuh yang namanya menulis. catatan itu tulisan. Betul tidak? Terkecuali mereka yang sukanya cuma fotocopy catatan teman menjelang ujian karena tak pernah mencatat di setiap pelajaran.

"Kalo udah sering nulis di sekolah, harusnya menulis bukan disebut hobi dong, kan setiap hari kita juga nulis." Yup! Pertanyaan yang pernah dilontarkan salah satu teman saya.

"Tapi kalo cuma nulis di kelas doang mah itu memang sudah kewajiban sebagai seorang murid. Kalo hobi nulis, itu beda lagi. Hobi menulis itu ada, misal aja nih yang paling kecil, nulis diary." jawab teman saya yang lain.

"Lalu gimana caranya biar hobi nulis yang nggak pernah suka nulis?"

"Caranya gampang aja sebenernya. Yang udah suka nulis, lanjutin nulisnya. Yang agak-agak atau males nulis, dibiasain dari sekarang. Caranya:
1. Biasain nulis klo lagi di kelas, kantor, rapat, kajian, atau apapun itu. Tulis poin-poin pentingnya. Ini mengajari agar jari-jemari kita terbiasa untuk menulis sesuatu.

2. Coba nulis diary setiap harinya. Beli buku di toko buku, ga usah yg bagus2 bgt yg penting bisa buat nulis. Khususin buku itu buat nulis pengalaman setiap harinya, terserah mau curhat atau cuma kata-kata motivasi, yang penting buku itu harus selalu terisi setiap hari. 1/2 halaman, lebih, atau mungkin cuma berapa kalimat saja. Ini mengajari kita untuk istiqomah (terus-menerus) menulis.

3. Nah, sebenernya cuma 2 yg di atas bisa selalu dijalanin, insyaAllah hasrat untuk terus menulis dan menulis itu akan muncul. Tapiii... jangan lupakan rumus paling jitu, yaitu Do'a. 'Kenapa harus berdo'a?' karena apa yg kita lakukan semua -karena Allah- maka harus dijaga do'anya, ucapkan nama Allah sebelum menulis, insyaAllah akan selalu dipermudah, dihindarkan dari rasa malas, bahkan di-istiqomahkan selalu. Aamiin...

Gampang kan? Sesuatu yang besar itu dimulai dari hal-hal kecil yang kontinyu. Kebiasaan baik itu harus selalu dibiasakan & kebiasaan buruk itu juga dibiasakan (red: sedikit demi sedikit dikurangi :))

Kenapa? karena gebrakan besar itu tak akan pernah berhasil dlm satu waktu, akan selalu ada kerikil yg menghalangi agar menjadi pembelajaran.

Yuk.. Biasain nulis, krn "Ilmu itu diikat dengan tulisan.." ^^ Semangat!!

Tidak ada komentar: